Tuesday 3 February 2015

Hal yang Diperhatikan dalam Memilih Template Blog

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :
Tips Memilih Template Blog yang Baik adalah tujuan dari pembahasan kali ini. Template adalah adalah media interface yang digunakan pada sebuah blog/website sehingga dapat di akses baik itu admin maupun visitornya. Template dalam sebuah blog dapat dikatakan hal vital yang wajib diperhatikan, mengapa saya katakan begitu? karena dengan template visitor atau penggunjung dapat menilai kita sebagai Blogger yang profesional atau tidak (abal-abal). Jika kita gunakan template yang SEO Friendly, enteng dan tidak ribet serta rapi tentunya akan membuat penggunjung blog menjadi betah dan berminat membaca artikel yang lainnya. 
Perlu dicatat template yang baik bukanlah template yang ribet, memiliki banyak script yang menyebabkan blog berat untuk di akses. Tidak ada salahnya jika kita mencoba menggunakan template blog yang simple namun memiliki desain yang profesional dan sistem navigasi blog yang dapat memudahkan penggunjung untuk menguasai pembahasan dalam blog. Nah kali ini saya akan mencoba memberikan poin-poin penting untuk memilih template blog yang baik sehingga terlihat profesional. Berikut penjabarannya.

Tips Memilih Template Blog yang Baik


1. Fast Loading (Loading Template Ringan)
Loading template blog yang ringan adalah modal awal untuk menciptakan template yang SEO Friendly. Kebanyakan penggunjung tidak mau menunggu lama dalam mencari informasi yang mreka butuhkan, bayangkan saja jika kita hendak mencari informasi jelas kita suka dengan blog yang menyajikan informasi yang memiliki loading ringan dan cepat. Penyebab template menjadi berat adalah penggunaan script yang banyak dan tidak teratur yang banyak digunakan untuk menghias blog. Saran saya hal ini patut dikurangi untuk menciptakan template yang memiliki loading ringan dan cepat. Template yang ringan biasanyanya berukuran kurang lebih 100 kb. 

2. Kesesuaian Template
Hal ini juga patut diperhatikan dalam memilih template blog yang baik. Tidak jarang kita temui blogger pemula yang menggunakan template tidak sesuai dengan bahasan blognya. Misal, katakanlah suatu blog yang isinya membahas seputar IT tetapi template yang digunakan adalah template bertema Gallery atau berikatan dengan Multimedia, tidak sesuai juga apabila blog tersebut bertema tempat download aplikasi tetepi template yang digunakan bertema olahraga. Hal ini tentunya sangat jauh untuk menciptakan kesesuaian template blog dengan pokok bahasan blog tersebut. Jadai sesuaikanlah tema template blog sobat dengan pokok bahasan blog sobat dalam memilih template yang baik.

3. Memiliki Navigasi yang Jelas
Banyak kita temukan penyedia tempat download template blog secara gratis dengan desain yang rumit namun belum tentu memiliki navigasi yang jelas. Template yang baik adalah template yang memiliki navigasi yang jelas sehingga memudahkan visitor atau penggunjung dalam menemukan apa yang mereka cari dalam blog kita. Contoh navigasi yang menurut saya harus ada dalam suatu template blog adalah popular post, label/kategori postingan, related post/artikel terkait, sub menu atas atau bisa juga menu drop down serta tambahkan "Back to Top" jika perlu untuk memudahkan penggunjung menggulang membaca ataupun kembali ke atas.

4. Template Responsive (tidak wajib)
Sebenarnya bagian ini tidaklah wajib dimiliki template suatu blog namun ada baiknya jika kita gunakan template yang telah memiliki fitur responsive. Apa gunanya template responsive? Template responsive sangat dibutuhkan jika bahasan blog sobat mencakut bahasan versi mobile. Misal blog sobat membahas tentang tips-tips dalam menggunakan android tentunya template blog sibat membutuhkan template yang responsive sehingga nantinya saat dibuka atau diakses dari versi mobile blog sobat masih terlihat rapi yang dalam artian menyesuaikan tempat diaksesnya blog sobat, ibarat bentuk air menyesuaikan wadahnya. 

5. Kombinasi Warna Template
Kombinasi warna yang baik dalam sebuah template blog tentunya akan membuat kenyamanan tersendiri dimata penggunjung. Penggunaan warna yang buruk seperti baground hitam pada postingan akan mengganggu penggunjung dalam memehami informasi yang sobat paparkan di blog tidak hanya itu warna yang mencolok dan terkesan "norak" akan membuat penggunjung tidak nyaman dan malas untuk membaca artikel sobat yang lainnya. Jadi saran saya carilah template yang memiliki kombinasi warna yang baik, misal gunakan background postingan default berwarna putih demi kenyamanan visitor dan banyak lagi yang perlu diperhatikan. Silahkan sobat analisis dan kaji sendiri.


Sumber : http://www.kalongganteng.com/2015/01/hal-yang-diperhatikan-dalam-memilih-template-blog.html#ixzz3Qi9Ah66q